Pengertian Ms Word Lengkap
Beserta Definisi Menurut Para Ahli - Microsoft Word merupakan program aplikasi
dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks,
pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. sekarang hampir semua
lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk
aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja, pengusaha, dan hampir
semuanya menggunakan office word untuk menunjang aktifitasnya.
Microsoft word adalah
salah satu dari beberapa program aplikasi pengolah kata yangterdapat dalam
paket program aplikasi microsoft office,yang sejak mulai di kembangka pada
tahun 1983 sampai pertengahan tahun 2001.Microsoft word dikembangkan oleh
perusahaan pembuat perangkat lunakternama didunia yaitu Corporation.dari
generasi pertama microsoft word sampai generasi terkininya program ini selalu
menjadi idola.
Fungsi dan Kegunaan
Microsoft Word
Adapun fungsi dan
kegunaan microsoft word itu sendiri bervariasi /bermacam-macam tergantung dari
si user /pemakainya. Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita
dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms word memang di khususkan
untuk pengolahan kata. ms word berperan sebagai alat bantu user /pengguna untuk
menyelesaikan pekerjaan terkait kata/teks/dokument/surat-menyurat dan
lainya.
Dengan semakin
canggihnya tool microsoft word, fungsi dari ms word pun tidak hanya
terbatas pada pengolahan kata. Tabel dala word juga bisa digunakan untuk
olah angka meski tak sekomplit di ms excel.
Dalam ms word baru
misal seperti pada ms word 2010 dan 2013 ada tool baru untuk convert ke dalam
file media lain, misal ; convert dari file word ke PDF, atau program lain. dan
masih banyak lagi fitur lain yang bisa rekan manfaatkan dari ms word. Selain
itu masih banyak lagi fungsi yang bisa rekan temukan dalam ms word.
Sebagaimana yang kita
ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan
ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas
yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut
dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini
bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas
yang ada dalam MS WORD.
1. Jenis Huruf
Agar dokumen yang
dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”,
sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
2. Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan
suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal
Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus
didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan
pembuatan suatu dokumen.
3. Pembuatan Outline
Biasakan bekerja
dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal
ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan
dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan
level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita
diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List
Level).
4. Pemakaian Break
Section
Biasanya dalam suatu
dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section
(misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar
& Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,
Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap
pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout
+Break +Next Page).
5. Penomoran Halaman
Seperti yang telah
disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break
section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu
insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at …
kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman
sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya
perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih
different first page).
6. Pembuatan Daftar
Tabel
Tabel/Gambar/Bagan
yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor
gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang
diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk
pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table
of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada
perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal
diklik kanan pilih update field.
7. Pembuatan Daftar
Isi
Pembuatan daftar isi
secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila
ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama
seperti update daftar tabel).
8. Editing dengan Document
Map
Agar editing yang
dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas
document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan
halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)
Microsoft Yang Sekarang
Banyak Digunakan Adalah Microsoft Office 2007, Walaupun Microsoft 2010 Telah
Muncul Dan Booming.
Cara Membuka Microsoft
Office Word
Klik tombol start yang
ada di task bar
Pilih menu program dan
arahkan ke microsoft office word dan akan tampil lembar kerja yang bernama
dokumen.
Fungsi Menu Toolbar
Bagian-bagian Toolbar
Terdiri Dari :
Title Bar adalah nama
lembar kerja yang sedang digunakan.
Menu bar terdiri dari
beberapa bagian menu yang merupakan kelompok dari perintah word yang
terdiri dari Home,
Insert, Page Layout, References, Mailings, Review dan View.
Ruler line adalah
baris yang mengatur penghentian tabulasi dan batas pengetikan dilayar
serta pengaturan paragraf.
Scroll Bar berfungsi
untuk menggulung layar keatas dan kebawah.
No comments:
Post a Comment